Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONTOH PROPOSAL BAB 1 APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK (TOEIC) BERBASIS ANDROID


APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK TEST OF ENGLISH FOR INTERNATIONAL COMMUNICATION (TOEIC) BERBASIS ANDROID

PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang
Seperti yang kita ketahui, Bahasa inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan untuk berkomunikasi di banyak negara. Bahasa inggris menjadi bahasa yang paling populer dan sangat penting untuk di pelajari. dalam dunia kerja sendiri, khususnya di Indonesia saat ini sudah banyak perusahaan asing dan berkembangnya MEA yang menuntut kita untuk mempelajari Bahasa inggris sebagai alat untuk berkomunikasi.
TOEIC adalah ujian yang berstandar international yang di gunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang, dalam berkomunikasi di dunia kerja. Hasil tes TOEIC menunjukan seberapa baik penguasaan Bahasa inggris seseorang dalam berkomunikasi dengan orang lain di dunia kerja global. Banyak sekali perusahaan yang sering menggunakan test TOEIC dalam melakukan penerimaan karyawan baru nya serta dalam promosi jabatan tertentu.
Ada berbagai cara yang harus di lakukan agar mendapatkan hasil test TOEIC yang cukup memuaskan, salah satunya seperti mengikuti kursus dan belajar latihan soal tentang TOEIC. namun mahalnya biaya ditempat kursus, serta keinginan belajar yang serba mudah dan instan serta dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun maka di perlukan inovasi dan solusi baru yang memungkinkan mampu memenuhi akan kebutuhan tersebut yaitu membangun sebuah aplikasi media pembelajaran yang berbasis android.
Android adalah system operasi yang bersifat open source yang banyak di gunakan pada smartphone saat ini. Dari laporan detik.net pada tahun 2015, Indonesia sendiri tercatat sebagai negara dengan jumlah pengguna smartphone android terbanyak seasia tenggara yaitu totalnya 41 juta pengguna atau pangsa pasarnya 94% dan sementara IOS hanya 2,8 juta atau 6%. Dengan besarnya penggunaan smartphone android ini, maka akan menjadi peluang yang baik bagi para pengembang aplikasi di indonesia. Sehingga diharapkan dengan di bangunnya aplikasi media pembelajaran TOEIC berbasis android, mampu memberikan peningkatan pada pembelajaran Berbahasa inggris dengan memanfaatkan smartphone nya.



2.       Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang sudah di uraikan diatas, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana membangun dan merancang aplikasi media pembelajaran untuk Test Of English For International Communication yang berbasis android untuk mempermudah proses pembelajaran yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.

3.       Batasan Masalah
Adapun Batasan Masalah yang dibuat sebagai berikut:
a)      Aplikasi ini di buat menggunakan android studio dan databasenya menggunakan SQL Lite dan Firebase
b)      Aplikasi ini hanya dapat berjalan pada android dengan minum version yaitu android Kitkat sampai dengan Android versi Nougat
c)      Aplikasi ini hanya menyediakan soal-soal dari Tes TOEIC saja

4.      Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah aplikasi sebagai media pembelajaran untuk Test of English for International Communication (TOEIC) yang berbasis android untuk mempermudah proses pembelajaran yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.
5.       Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang diperoleh yaitu Aplikasi ini mampu memberikan kemudahan untuk belajar mengenai soal-soal Test of English for International Communication (TOEIC) yang sangat berguna untuk mengevaluasi kemampuan berbahasa inggris kita.



Gita
Gita Nama saya Gita, saya membuat blog ini untuk mengarchive kan apa yang ingin saya tulis, dengan menulisnya di blog mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi banyak orang yang membutuhkan.

Post a Comment for "CONTOH PROPOSAL BAB 1 APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK (TOEIC) BERBASIS ANDROID"