Salamat Datang Di Blog Saya,Kunjungi anakinforman.com untuk mendapatkan info seputar tutorial android

Penerapan statemen kondisi If dan switch dalam java

Penerapan statemen kondisi If  dan switch dalam java

Pada pertemuan ini, Anda diperkenalkan statemen kendali atau struktur kontrol yang merupakan statemen dalam java yang mengizinkan pengguna untuk memilih proses untuk menjalankan suatu blok kode dan mengabaikan blok kode lainnya. Dalam Java terdapat dua statemen kendali yang dapat digunakan, yaitu If dan Switch. Dua jenis statemen kendali ini akan di praktekkan dalam pertemuan ini.

Tujuan

  1. Memperkenalkan struktur kendali dalam Java.
  2. Membuat program yang di dalamnya terdapat statemen kendali If ataupun Switch.
Penerapan statemen kondisi If 
  • Buat sebuah program java dengan nama praktikum2_1.java dan berikan nama class.
  • Pendeklarasian dan inisialisasi variabel yang akan digunakan 
  •  Berikan kondisi If seperti yang terlihat pada kode program berikut untuk diagnosis penyakit sederhana
  • Dalam kode tersebut terdapat kondisi If bersarang, yang mana di dalam kondisi If terdapat statemen If lagi. Dalam ekspresi logika dapat menggunakan beberapa ekspresi, dengan bantuan penghubung operator logika seperti and (&&), or (||), not(!),dan lainnya.
  • Compile dan run file java yang tersimpan. Jika sesuai dengan kode program yang dicontohkan, maka akan memberikan keluaran "Berikan obat turun panas".
Penerapan statemen kondisi Switch
  1. Buatlah sebuah program java dengan nama praktikum2_2.java dan berikan nama classserta penggunaan package library "java.io".
  2. Lakukan pendeklarasian dan inisialisasi dari variabel yang akan digunakan.
  3. Berikan tampilan menu makanan dan penyimpanan dari pesanan yang dimasukan olehpengguna, menggunakan kode berikut.
  4. dalam baris ke-16 dan ke-19 terdapat fungsi konversi ke tipe data yang digunakan (Integer dan Character), dikarenakan data masukan dari pengguna melalui keyboard akan bertipe String. Selanjutnya masukkan statemen kondisi Switch untuk mendeteksi pilihan menu yang diberikan oleh pengguna, dan untuk menentukan berapa biaya yang harus dibayar.

  5. dalam kode terlihat statemen Switch bersarang seperti pada statemen If pada latihan sebelumnya. Ekspresi logika dalam Switch hanya dapat menerima data dengan tipe Integer dan Character, dan ekspresi logika yang digunakan hanya menerima kondisi persamaan sama dengan (==). Setiap kondisi yang terpenuhi diakhiri dengan break; untuk menandakan akhir dari statemen yang harus dijalankan. Dan terdapat kondisi default: yang akan memberikan keputusan ketika semua kondisi yang diberikan tidak terpenuhi. Compile dan run file java yang tersimpan.



DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Buat Yang melakukan AGC dan Spinner di Artikel Blog saya ini, mohon sekiranya untuk melakukan Donasi Seikhlasnya. Salam Blogger Indonesia!!

0 Response to "Penerapan statemen kondisi If dan switch dalam java"

Post a Comment

Tes