Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat program sederhana dengan statemen Input dan Variabel

Membuat program sederhana dengan statemen Input dan Variabel 

Anda diberikan keleluasaan untuk memilih menjalankan kode program yang dipaparkan dengan menggunakan Java Console atau Netbeans. Penyajian informasi ini selanjutnya hanya dalam bentuk penjelasaan dan cara penulisan dari kode program yang dibangun. 

  • Pada bagian ini, proses pembangunan kode program dimulai dengan pendeklarasian dari penggunaan package library 'java.io' untuk mengendalikan operasi penyimpanan masukan dari pengguna yang diberikan melalui keyboard.
  • Selanjutnya penulisan nama class dari file java yang dibuat serta penulisan fungsi Main yang menjadi fungsi utama yang akan dijalankan ketika file java di eksekusi. Nama class harus sama persis dengan nama file java.
  • Berikutnya melakukan pendeklarasian variabel serta pemberian nilai awal dari variabel tersebut. Dalam latihan ini digunakan dua variabel, variabel 'nama' untuk menyimpan string yang dimasukkan oleh pengguna, sedangkan variabel 'dataMasukan' digunakan sebagai media untuk merekam data masukan yang diberikan oleh pengguna melalui keyboard.
  • Tahap selanjutnya, membuat pertanyaan kepada pengguna terkait dengan nama dari pengguna, dan menggunakan fungsi readLine() untuk mendapatkan data masukan dari keyboard. Proses perekaman data masukan ini harus ditulis dalam exception handling (try-catch).
  • Pada akhirnya, menampilkan data nama yang berhasil direkam oleh program kepada pengguna.


    Sekian Tutorial dari saya, semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian yang membutuhkan. tutorial dasar ini di tunjukan kepada teman-teman sekalian yang ingin belajar bahasa pemrograman java. Terima Kasih sudah berkunjung.
     


Post a Comment for "Membuat program sederhana dengan statemen Input dan Variabel "