Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat program "HelloWorld" dengan Java Console dan Netbeans

 Membuat program “HelloWorld” dengan Java Console 


  1. Buka/jalankan text editor yang terdapat pada komputer Anda (seperti Notepad, Notepad++,Kate, Komodo, dll) 
  2. Ketikan kode program berikut pada layar kerja yang tersedia
  3. Simpan ke dalam direktori yang anda inginkan (misalkan D:/Praktikum Java), dan berikan nama "praktikum1_1.java
  4. Jalankan Command Prompt atau Terminal di komputer Anda, dan masuk ke dalam folder tempat menyimpan file tersebut, menggunakan perintah "cd D:/Java Praktikum "
  5. Selanjutnya lakukan compile file yang anda buat untuk pemeriksaan kebenaran kode yang dibuat dan penerjemahannya menjadi file yang siap di jalankan, dengan menggunakan perintah "javac praktikum1_1.java "
  6. Pada akhirnya, jalankan program jika proses compile berhasil dilakukan untuk menjalankan program dengan cara "java praktikum1_1".

 Membuat program “HelloWorld” dengan Netbeans 


  1. Buka/jalankan Netbeansyangterdapatpada komputer Anda 
  2. Setelah muncul tampilan dari Netbeans seperti yang terlihat pada gambar di bawah,maka proses pertama yang harus dilakukan adalah pembuatan project baru, dengan cara memilih menu " File>New Project " dari menubar atau bisa dengan menekan ctrl+shift+n pada keyboard.

  3. Maka akan muncul jendela baru untuk pembuatan project baru, seperti yang terlihat pada gambar berikut,
    Pilih kategori "Java" pada bagian Categories dan "Java Application" pada bagian Project,lalu tekantombol "Next>"
  4. Lalu masukkan nama project dan lokasi penyimpanan project, serta tekan tombol "Finish" untuk menyelesaikan proses pembuatan project baru.
  5. Selanjutnya pilih file yang ingin diperbaharui seperti yang terlihat pada gambar,
  6. Tuliskan kode program berikut untuk menampilkan output yang dinginkan, dan letakkan dalam public static void main(String[] args).
  7. Pada akhirnya lakukan Run Project untuk menjalankan project yang telah dibuat dengan memilih "Run>Run Project" dari menubar atau menekan tombol F6 pada keyboard. Dan selanjutnya amati pada bagian output untuk melihat output yang dihasilkan ketika project sukses dicompile dan dijalankan, serta melihat petunjuk kesalahankode program jika project gagal dicompile
Selesai sudah tutorial kali ini,semoga kalian tidak bingung karena pada tutorial ini sudah sangat simple dan cukup detail dijelaskan. jika kalian masih merasa bingung silahkan untuk bertanya pada kolom komentar. Terima Kasih sudah berkunjung.

Post a Comment for "Membuat program "HelloWorld" dengan Java Console dan Netbeans"