Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi OBS Studio Failed To Start Recording

How to Fix OBS Studio Failed To Start Recording -  Kali ini ilmugratisanbro blog akan membagikan sedikit pengalaman ketika menggunakan obs studio untuk record layar di linux.

bagi pengguna windows mungkin akan jarang mengalami kendala error di obs nya, kecuali masalah black screen saja.

nah kali ini mimin ilmugratisanbro menemukan sebuah error di obs studio linux, dimana saya menemukan sebuah error ketika di klik start recordingnya.

pesan error yang muncul adalah "starting the output failed. please check the log for details. note: if you're using the NVENC or AMD Encoders, make sure your video driver is up to date."
Cara Mengatasi OBS Studio Failed To Start Recording

dari pesan diatas tentu kalian yang awam pasti bingung dan langsung googling untuk mencari solusinya. disini saya sudah melakukan update terhadap video driver yang saya gunakan, namun tetap error.

dari banyak forum yang sudah saya baca terkait masalah di obs ini, solusi mudah untuk mengatasinya adalah dengan merubah encodernya.

usut punya usut ternyata NVENC tidak support untuk laptop yang saya gunakan. NVENC ini encoder yang tertanan di hardware kita, jika punya kalian support pasti no kendala di obs nya.

Untuk mengatasi masalah ini, ilmugratisanbro menggunakan metode yang sudah saya paparkan diatas dengan mengganti encodernya.

berikut ini cara atau solusi yang saya gunakan:
  1. buka obs studio di linux kalian
  2. klik setting
  3. pilih output dan ubah encodernya dari hardware(NVENC) jadi Software (x264).
    Cara Mengatasi OBS Studio Failed To Start Recording

    Cara Mengatasi OBS Studio Failed To Start Recording
  4. Setelah itu coba ulangi tes recording nya. seharusnya sekarang sudah tidak error lagi dan lancar kembali.
tutorial ini bisa juga di coba bagi pengguna selain linux. semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat bagi banyak orang atau bagi orang yang membutuhkan.

semoga bisa menyelesaikan masalah yang kalian alami. jika dirasa bermanfaat mohon dukungannya untuk follow youtube saya di anakinforman. bantu subscribe juga biar semakin berkembang. Terima kasih sudah mampir.



Gita
Gita Nama saya Gita, saya membuat blog ini untuk mengarchive kan apa yang ingin saya tulis, dengan menulisnya di blog mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi banyak orang yang membutuhkan.

1 comment for "Cara Mengatasi OBS Studio Failed To Start Recording"

  1. If you're trying to burn fat then you absolutely have to start following this brand new tailor-made keto meal plan.

    To create this service, certified nutritionists, fitness trainers, and professional cooks united to develop keto meal plans that are powerful, convenient, cost-efficient, and satisfying.

    Since their grand opening in 2019, 1000's of individuals have already transformed their body and health with the benefits a professional keto meal plan can provide.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover 8 scientifically-proven ones given by the keto meal plan.

    ReplyDelete

Tes