Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Install Driver Loopback Di linux

Tutorial memasang Adapter Loopback untuk linux - Kali ini saya akan membagikan sedikit pengalaman saya tentang bagaimana cara menginstall adapter loopback di linux kalian. saya menggunakan linux mint cinnamon untuk tutorialnya.

Driver loopback ini saya install untuk keperluan meremote mikrotik yang sudah saya pasang di gns3. untuk menginstall driver loopback ini, teman-teman bisa langsung ke tutorial di bawah ini:


  1. silahkan buka terminal kalian dan lakukan update dan upgrade ( ini dianjurkan buat kalian yang baru pasang linux).
  2. setelah itu eksekusi perintah " sudo apt-get install uml-utilities "
    Cara Install Driver Loopback Di linux
  3. selanjutnya jika sudah selesai eksekusi lagi perintah "modprobe tun"
  4. setelah itu "sudo tunctl"
  5. sampai disini maka akan dibuat driver loopback bernama tap0
sampai disini kita sudah berhasil melakukan penginstalan driver loopback di linux mint kita. langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mengaktifkannya.

untuk menggunakan driver loopbacknya kalian harus melakukan konfigurasi ip sehingga si tap0 tadi muncul di list ketika eksekusi perintah ifconfig.

berikut ini cara memasang ip address di driver loopback linux kita:

  1. masih diterminal yang tadi ya, silahkan eksekusi perintah " sudo ifconfig tap0 192.168.1.2 netmask 255.255.255.0 up "
  2. baru deh eksekusi ifconfig untuk melihat apakah driver loopbacknya sudah aktif dengan ip yang sudah kita setting tadi.
    Cara Install Driver Loopback Di linux
sampai disini kalian sudha berhasil memasang driver loopback dan cara pasang ip addressnya. ada hal yang perlu teman-teman ketahui dimana ketika ingin membuat interface driver loopback yang baru, maka kita harus eksekusi perintah sudo tunctl lagi dan akan dibuatkan interface baru dengan nama tap1.

jika kalian merasa bingung, kalian bisa lihat video preview di bawah ini agar lebih jelas:


catatan: setelah komputer di restart atau di shutdown maka driver loopback akan hilang. untuk membuatnya ulang cukup eksekusi perintah sudo tunctl.
Gita
Gita Nama saya Gita, saya membuat blog ini untuk mengarchive kan apa yang ingin saya tulis, dengan menulisnya di blog mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi banyak orang yang membutuhkan.

1 comment for "Cara Install Driver Loopback Di linux "

  1. Did you realize there is a 12 word sentence you can say to your man... that will induce deep emotions of love and instinctual attraction to you deep inside his heart?

    Because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, please and protect you with all his heart...

    =====> 12 Words Who Trigger A Man's Desire Instinct

    This impulse is so hardwired into a man's mind that it will drive him to work better than before to build your relationship stronger.

    In fact, fueling this powerful impulse is absolutely mandatory to getting the best ever relationship with your man that the second you send your man a "Secret Signal"...

    ...You will soon notice him open his mind and soul for you in a way he's never expressed before and he will identify you as the one and only woman in the universe who has ever truly attracted him.

    ReplyDelete

Tes