Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambahkan Root@name atau PS1 Di Termux

Mengcustom Shell Prompt Di Termux - pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial cara menambahkan hostname secara manual untuk membuat termux kita menjadi seperti pada terminal di linux. pada saat saya menggunakan kali linux dulu saat kalian membuka Terminal kalian maka akan tampil text seperti Root@kalilinux dan lainnya. hostname ini dapat kita modif dan di ganti sesuka kita melalui .bashrc.
Cara Menambahkan Root@name atau PS1 Di Termux
Hasil setelah script nya saya terapkan di bashrc

Mungkin yang baru awam tidak pernah menggunakan linux mereka tidak tahu hal ini, dan bahkan mereka juga tidak mengerti perintah-perintah dasar di terminal secara umumnya. namun kali ini saya tidak akan membahas mengenai perintah-perintah dasar dalam linux. baiklah kita langsung ke tutorial bagaimana cara menambah hostname secara manual di terminal termux pada android kita:

  1. Install dan bukalah termux kalian
  2. install nano dengan cara apt install nano atau pkg install nano. jika kalian sudah pernah menginstall nano maka tidak perlu lagi menginstall nya
  3. selanjutnya buka terminal atau Termux kalian dan jalankan perintah nano .bashrc
    Cara Menambahkan Root@name atau PS1 Di Termux
  4. setelah itu tambahkan script PS1='root@android:~#' dan silahkan kalian save dengan cara tekan power volume down + x dan ketikan y dan enter
    Cara Menambahkan Root@name atau PS1 Di Termux atau menambahkan hostname manual di termux
  5. Sampai disini selesai. silahkan kalian keluar dari aplikasi termux dan buka kembali atau silahkan kalian jalankan session baru
kalian juga dapat melakukan custom di termux dengan merubah namanya, menambahkan figlet atau custome lainnya. pada artikel sebelumnya saya sudah menulis cara mempercantik tampilan termux, kalian bisa membacanya melalui artikel tersebut sehingga termux kalian akan terlihat lebih elegan dan enak di pandang. 

sekian tutorial kali ini semoga dapat bermanfaat, jangan lupa komentarnya dan juga support kami dengan cara memfollow blog kami supaya kami dapat lebih menulis hal-hal yang baik dan bermanfaat bagi kita sebagai media untuk belajar bersama. terima kasih!!
Gita
Gita Nama saya Gita, saya membuat blog ini untuk mengarchive kan apa yang ingin saya tulis, dengan menulisnya di blog mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi banyak orang yang membutuhkan.

1 comment for "Cara Menambahkan Root@name atau PS1 Di Termux "

Tes