Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Install Framework Laravel Mudah di Windows

Install Framework Laravel Mudah di Windows

Laravel adalah sebuah framework yang dibuat untuk mempermudah web developer dalam membangun sebuah website. Laravel menjadi salah satu framework yang dibuat untuk membangun sebuah website dengan skala project enterprise. 

Pertama kali belajar framework Laravel ini memang agak membingungkan, karena sebelumnya saya sudah belajar framework dari codeigniter. perbedaannya cukup terlihat saat pertama kali instalasi, dan bagi pemula seperti saya laravel cukup rumit untuk proses instalasinya.

Daripada basa-basi tidak jelas lebih baik kita mulai saja ke proses instalasi Laravel di windows nya.
Ikuti langkah-langkah dibawah ini:
  1. Siapakan koneksi internet anda. kita mulai dengan penginstalan composernya. pertama download dulu composernya disini! setelah itu install seperti biasa sampai selesai.
    Jika sudah di install, silahkan kalian buka cmd dan jalan perintah "composer". jika sukses maka akan tampil sperti pada gambar berikut
  2. Setelah selesai di install, kita menuju directory xampp /htdocs nya. gunakan perintah di seperti pada gambar untuk masuk directory nya. buka cmd kalian.

  3. Setelah berhasil masuk ke directori xampp/htdoc nya, sekarang kita menuju penginstalan laravelnya dengan cara mengeksekusi perintah dibawah ini
    composer create-project --prefer-dist laravel/laravel NamaProjectKalian
    Lihat Gambar dibawah ini:
    Tunggu hingga proses download selesai
  4. Setelah project kita dibuat, kalian bisa mengeceknya di folder xampp/htdoc
  5. Selanjutnya kita akan menjalankan perintah dibawah ini untuk mengecek apakah laravel sukses di jalankan di localhost kita. pastikan kalian sudah menghidupkan xampp nya diawal. buka cmd kalian dan masuk ke halaman directori project misalnya pada kasus saya ini adalah cd xampp/htdoc/belajarLaravel baru eksekusi perintah dibawah ini
    php artisan serve
    jika sukses akan tampil halam default laravel seperti pada gambar dibawah ini
  6. Jika Tampil halaman awal seperti pada gambar diatas, maka itu tandanya kalian sukses menginstall laravel di windows kalian.
Untuk tutorial selanjutnya kita akan membuat sebuah halaman register dan login dengan cepat sesuai yang ada pada laravel. sekian dulu tutorial singkat ini, semoga bisa dipahami. terima kasih sudah berkunjung. sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Gita
Gita Nama saya Gita, saya membuat blog ini untuk mengarchive kan apa yang ingin saya tulis, dengan menulisnya di blog mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi banyak orang yang membutuhkan.

Post a Comment for "Install Framework Laravel Mudah di Windows"