Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat atau Menambah Menu Item di kali linux dengan Alacarte Terbaru

Cara Membuat atau Menambah Menu Item di kali linux dengan Alacarte Terbaru

Pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan sebuah tutorial tentang bagaimana  Cara Membuat atau Menambah Menu Item di kali linux dengan Alacarte Terbaru. mungkin tidak semua orang tau cara untuk membuat atau menambah menu item baru pada kali linux ini.

Apa sih Alacarte ini?

bagi kalian yang belum tau apa itu alacarte, jadi alacarte adalah sebuah tools yang berguna untuk melakukan penambahan menu dengan mudah di linux. sebenarnya ada cara yang lain untuk menambah menu yaitu dengan melakukan penambahan script bash dan memanggilnya di terminal. namun kali ini kita hanya membahas mengenai cara menggunakan alacarte dan cara menambah menu menggunakan alacarte ini.

Bagaimana cara menggunakan  alacarte?

Sebelum kita menuju bagaimana cara menggunakan alacarte nya, kalian harus menginstalnya terlebih dahulu dengan menggunakan perintah berikut ini melalui terminal kalian:
sudo apt-get install alacarte
pastikan kalian terkoneksi internet saat melakukan proses penginstallan alacarte nya. untuk size nya sangat kecil dan tidak banyak memakan kuota internet kita.

Setelah selesai melakukan proses penginstallan, kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk menambah menu baru di linux kalian.
  1. buka terminal kalian dan ketikan perintah "alacarte " kemudian enter. ingat tanpa tanda kutip ya. lihat gambar dibawah ini :
  2. untuk menjalankan program alacarte
  3. Selanjutnya akan muncul form Main Menu seperti gambar dibawah ini
    Tampilan menu dari alacarte, sebenarnya ini adalah main menu dari kali linux
  4. Kemudian pada Pojok kanan atas ada Tulisan New Menu dan New Item,kalian klik new item tersebut untuk membuat menu item baru.kemudian isi seperti dibawah ini.
  5. Tampilan setelah new item di klik
  6. Sesuaikan dengan apa yang ingin kalian buat, pada contoh diatas saya membuat menu item dari linset. pada gambar tersebut kalian bisa menggantinya dengan icon sesuka kalian tapi disesuaikan ukuran gambarnya. setelah selesai di isi kalian klik ok. dan jangan lupa di close
    Hasil akhir
    jika teman-teman merasa bingung dengan penjelasan saya, kalian dapat menonton video di bawah ini untuk melihat tutorialnya secara detail.





Bagaimana cara melakukan penghapusan atau proses unistall pada alacarte ?

untuk menghapus atau uninstall terhadap alacarte, kalian dapat melakukan atau menggunakan perintah berikut ini melalui terminal kalian:

  • sudo apt-get remove alacarte
  • sudo apt-get remove --auto-remove alacarte

Sekian tutorial ini saya buat atas pengalaman yang telah saya dapatkan. semoga tutorial tentang bagaimana Cara Membuat atau Menambah Menu Item di kali linux dengan Alacarte Terbaru ini dapat bermanfaat dan berguna untuk sahabat belajar semuanya. Terima kasih atas kunjungannya. 



Gita
Gita Nama saya Gita, saya membuat blog ini untuk mengarchive kan apa yang ingin saya tulis, dengan menulisnya di blog mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi banyak orang yang membutuhkan.

Post a Comment for "Cara Membuat atau Menambah Menu Item di kali linux dengan Alacarte Terbaru"