Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Melakukan konfigurasi terhadapa RB Mikrotik untuk memberikan IP secara otomatis dengan DHCP

Selamat malam guys. kali ini saya mau share bagaimana cara melakukan konfigurasi DHCP pada mikrotik dengan winbox. Pada praktikum ini akan dibahas cara memberikan IP secara otomatis kepada client. Keuntungannya adalah tidak perlu melakukan konfigurasi IP satu persatu secara manual dari PC ke PC yang ada.

Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus memberikan alamat IP kepada semua komputer secara manual. Jika DHCP dipasang di jaringan lokal, maka semua komputer yang tersambung di jaringan akan mendapatkan alamat IP secara otomatis dari server DHCP. Selain alamat IP, banyak parameter jaringan yang dapat diberikan oleh DHCP, seperti default gateway dan DNS server. 

Pada praktikum kali ini akan dibahas cara memberikan IP secara otomatis ke client. Berikut adalah langkah-langkah melakukan konfigurasi untuk memberikan alamat secara otomatis kepada client (PC). 

  1. Klik menu IP => pilih DHCP Server
  2. Pada halaman DHCP Server pilih tab DHCP Setup
  3. Selanjutnya klik DHCP Setup tersebut, maka akan muncul konfigurasi DHCP Setup. Jangan lupa mengganti ether/port yang digunakan untuk menghubungan router dengan client/switch. Pilih ether2 LAN, karena ether tersebut yang akan menghubungkan antar router dengan PC.
  4. Setelah klik ether2_LAN, selanjutnya klik next sampai proses selesai
  5. Terakhir adalah mengosongkan IP/klik obtain an IP address automatically. Selanjutnya cek pada Network Connection Details apakah PC sudah mendapat IP atau belum. Jika sudah mendapat IP berarti komputer sudah dapat digunakan untuk berinternet ria

Sekian tutorial tentang cara konfigurasi DHCP pada mikrotik menggunakan winbox. semoga tutorial ini bermanfaat untuk teman-teman semuanya. Terima Kasih sudah berkunjung. jika ingin bertanya atau ingin memberi saran silah kan untuk berkomentar di artikel ini. Sekian dari saya, jangan lupa untuk share ya kepada sahabat yang lain nya

Post a Comment for "Melakukan konfigurasi terhadapa RB Mikrotik untuk memberikan IP secara otomatis dengan DHCP"