Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Aplikasi Webview di Android Studio atau Convert Web Kamu Kedalam Aplikasi Android Menggunakan Webview

Cara Membuat Aplikasi Webview di Android Studio atau Convert Web Kamu Kedalam Aplikasi Android Menggunakan Webview


Pada artikel kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat aplikasi webview di android menggunakan android studio. Webview sendiri adalah sebuah class yang dapat menampilkan dari website kita dalam versi mobile berbasis android, bagus tidaknya tampilan tergantung dari template yang di gunakan pada website kita atau css atau sudah mobile friendly nya website kita. kecepatan load website kita juga mempengaruhi lama loading dari saat pertama kita membuka aplikasi webview yang sudah terinstall di android kita (koneksi internet juga mempengaruhi dan faktor lain nya).

Untuk melakukan custom pada webview akan saya berikan  pada tutorial berikutnya, kali ini kita hanya belajar bagaimana cara membuat webview yang sederhana saja. baiklah kita mulai saja belajar membuat webviewnya:

  1. Langkah Pertama Kalian bisa membuat sebuah project baru, untuk nama projectnya bisa di berinama sesuka kalian. disini saya anggap kalian sudah paham cara membuat project baru nya.
  2. Tambahkan Izin Akses internet di AndroidManifest.xml kalian seperti pada gambar di bawah ini:
  3. Setelah itu, kalian buka layout activity_main.xml kalian dan ketikan kode seperti di pada gambar di bawah ini:
  4. Kemudian buka file MainActivity.java kalian, ikuti instruksi seperti pada gambar di bawah:
  5. Terakhir kalian buat Class baru dan beri nama MyBrowser, kemudian ketik seperti di bawah ini:
  6. Berikut Hasil Running Project webview diatas:

Sekian dulu tutorial dari saya, semoga tutorial ini dapat bermanfaat untuk kita semua. untuk tutorial lanjutannya akan saya update di artikel ini. jadi saya harap kalian meninggalkan komentar di artikel ini untuk  mendapatkan update berikutnya. Terima Kasih sudah berkunjung di blog gratisan ini.

Update Untuk kalian yang ingin download project webview nya yang sudah full coding dan sudah di custom kalian bisa mendownloadnya melalui link berikut ini: Free Source Code WebView Full
Katak Family
Katak Family Semoga Apa yang ditulis bisa menjadi manfaat bagi sobat yang membutuhkannya

Post a Comment for "Cara Membuat Aplikasi Webview di Android Studio atau Convert Web Kamu Kedalam Aplikasi Android Menggunakan Webview"